Menu Bar

Saturday, 20 October 2012

E-Commerce

Disini saya akan sedikit share tentang ilmu yang saya dapat dikelas tentang E-commerce. Apa sih E-Commerce ? Pertama saya juga tidak begitu tertarik dengan mata kuliah ini. Tapi saya cukup penasaran tentang ilmu didalamnya. Selain kita bisa menghasilkan sesuatu dalam hidup kita, yaa setidaknya kita bisa memanfaatkan waktu dengan berusaha. Begitu banyak peluang untuk menghasilkan sesuatu. Pepatah lama mengatakan "menyelam sambil meminum air" dan dosen E-Commerce saya mengatakan "menyelam sambil mencari mutiara". Dengan E-Commerce kita bisa sambil mencari mutiara. 

E-Commerce bukanlah sekedar mekanisme penjualan barang atau jasa melalui medium internet, tetapi lebih kepada suatu transformasi bisnis yang merubah cara-cara perusahaan dalam melakukan aktivitas usahanya sehari-hari. 

Adapun kesamaan karakteristik dalam E-Commerce yaitu :
       1. Terjadinya transaksi antara dua belah pihak
       2. Adanya pertukaran barang atau jasa
       3. Internet merupakan medium utama dalam   proses atau mekanisme tersebut

 Empat jenis relasi dalam dunia bisnis :
       1. Relasi dengan pemasok (supplier)
       2. Relasi dengan distributor      
       3. Relasi dengan rekanan (partner)
       4. Relasi dengan konsumen (customer)





Prinsip mekanisme kerja pada E-Commerce :




Domain yang membentuk komunitas E-Commerce :




Didalam E-Commerce terdapan aliran entity yang harus dikelola, diantaranya :
        1. Flow of Goods (aliran produk)
        2. Flow of Information (aliran informasi)
        3. Flow of Money (aliran uang)
        4. Flow of documents (aliran dokumen) 

Aktivitas komunikasi purna jual dalam E-Commerce, yaitu :
       1. Keluhan terhadap kualitas produk
       2. Pertanyaan atau permintaan informasi mengenai produk lain
       3. Pemberitahuan akan produk-produk baru yang ditawarkan
       4. Diskusi mengenai cara menggunakan produk dengan baik

Protokol Standart yang ada pada E-Commerce, yaitu : 

  1. EDI (Electronic Data Interchange) merupakan sebuah standar struktur dokumen yang dirancang untuk memungkinkan organisasi besar untuk mengirimkan informasi melalui jaringan private. EDI saat ini juga digunakan dalam corporate website. 
  2. OBI (Open Buying on the Internet) sebuah standar yang dibuat oleh Internet Purchasing Roundtable yang akan menjamin bahwa berbagai sistem E-Commerce dapat  berbicara satu dengan yang lainnya.
  3. OTP (Open Trading Protocol) dimaksudkan untuk menstandarisasi berbagai aktifitas yang berkaian dengan proses pembayaran, seperti perjanjian pembelian,   resi untuk pembelian, dan pembayaran. OTP merupakan standar kompetitor OBI yang dibangun beberapa perusahaan seperti AT&T, CyberCash, Hitachi, IBM, Oracle, Sun Microsystems, dan British Telecom. 
  4. OPS (Open Profiling Standart) merupakan sebuah stander yang didukung oleh Microsoft dan Firefly. OPS memungkinkan pengguna untuk membuat sebuah profil pribadi dari kesukaan masing-masing pengguna yang dapat dia share dangan menchart. Ide dibalik OPS adalah untuk menolong memproteksi privasi pengguna tanpa menutup kemungkinan untuk transaksi informasi untuk proses marketing dan sebagainya.
  5. SSL (Secure Socket Layer) protokol ini di desain untuk membangun sebuah saluran yang aman ke server. SSL menggunakan teknik enkripsi public key untuk memproteksi data yang dikirimkan melalui internet. SSL dibuat oleh Netscape tetapi sekarang telah dipublikasikan di public domain. 
  6. SET (Secure Electronic Transactions) protokol ini akan mengkodekan nomor kartu kredi yang disimpan di server merchant. Standar ini dibuat oleh visa dan MasterCard, sehingga akan langsung di dukung oleh masyarakat perbankan. Ujicoba pertama kali dari SET di E-Commerce dilakukan di Asia. 

Semoga share ilmu nya bermanfaat..

0 comments:

Post a Comment